MODAL VENTURA

Posted: 08/10/2011 in bahan kuliah
Tag:,

MODAL VENTURA

 

 

A. Pengertian Pembiayaan Modal Ventura

 

Istilah modal ventura berasal dari bahasa inggris yakni venture capital. Venture berarti usaha mengandung resiko, sehingga modal ventura diartikan sebagai penanaman modal yang mengandung resiko pada suatu usaha / perusahaan.

 

Beberapa definisi modal ventura.

 

Menurut Dictionary of Bussiness modal ventura adalah suatu sumber pembiayaan yang penting untuk memulai suatu perusahaan yang melibatkan resiko investasi, tetapi juga menyimpan potensi keuntungan diatas keuntungan rata-rata dari investasi dalam bentuk lain.

 

Menurut Dr. Neill Cross, modal ventura adalah suatu pembiayaan yang mengandung resiko, biasanya dilakukan dalam bentuk partisipasi equity, terhadap perusahaan-perusahaan yang mempunyai potensi berkembang yang tinggi. Dan perusahaan modal ventura menyediakan beberapa nilai tambah dalam bentuk advis manajemen dan memberikan kontribusinya terhadap keseluruhan strategi perusahaan yang bersangkutan. Resiko yang relative tinggi ini akan dikompensasikan dengan kemungkinan return yang tinggi pula, yang biasanya didapatkan melaluim capital gains yang bersifat medium term.

 

Ciri-ciri modal ventura

  1. Pembiayaan modalventuraterutama diberikan kepada perusahaan yang baru mulai tumbuh dan biasanya belum mendapat kepercayaan oleh lembaga perbankan untuk memperoleh kredit bank.
  2. Pembiayaan modalventuram erupakan pembiayaan yang beresiko tinggi ( high risk ), tetapi juga merupakan pembiayaan yang memiliki potensi keuntungan yang tinggi pula ( high return ) yang biasanya dapat melalui capital gains yang bersifat medium term atau long term.
  3. Pembiayaan modalventuramerupakan investasi / penanaman dana jangka panjang.
  4. Pembiayaan modalventurabiasanya dilakukan dalam bentuk partisipasi equity ( penyertaan modal ) dan atau pinjaman yang bisa dialihkan menjadi saham kepada perusahaan-perusahaan yang berpotensi untuk berkembang.
  5. Pembiayaan modalventurabiasanya diberikan dalam bentuk “ paket pembiayaan “, yaitu suntikan dana / modal yang disertai dengan penempatan / pembianaan manajemen pada perusahaan pasangan usaha.
  6. Pembiayaan modalventurajuga untuk mendukung bakat-bakat entrepreneur dengan skill financial untuk memanfaatkan psasr, dengan jalan alih manfaat yang diberikan dalam dampingan manajemen oleh perusahaan pemodal ventura.

 

Karakteristik perusahaan atau usaha yang menjadi sasaran dari modal ventura, antara lain

 

  1. Perusahaan yang berusaha dalam pasar yang sedang tumbuh dan bersifat inovatif, dan mempunyai potensi untuk berkembang dengan cepat dimasa mendatang, seperti usaha pengembangan perangkat lunak untuk industri computer.
  2. Perusahaan yang ingin melakukan ekspansi usaha, namaun karena keterbatasan belum dapat menghimpun dana melalui pasar modal maupun melakukan pinjaman dari bank.
  3. Perusahaan yang ingin melakukan restrukturisasi hutang-hutangnya yang sudah sangat mengganggu tingkat kesehatan perusahaan.
  4. Perusahaan yang telah mempunyai pangsa pasar yang baik, namun perlu menggantikan fasilitas produksi yang lebih canggih untuk memenuhi tuntutan  kualitas yang lebih baik dari konsumen setianya.
  5. Perusahaan yang memerlukan benih modal dalam mengembangkan suatu produk baru yang akan dilempar ke pasar.

 

Bentuk pembiayaan modal ventura dikaitkan dengan tahap pertumbuhan kegiatan usaha

 

  1. Seed financing, yaitu modal paling awal pada tahap gagasan ( ideastage ) yang digunakan untuk studi kelayakan.
  2. Start up financing, tahap penyewaan ruang kerja, penyusunan organisasi, penyusunan business plan, product investigation dan survey pemasaran, pengembanagn produk ( prototype production ) dan pemasaran awal.
  3. First stage financing, tahap produksi dan pemasaran komersial dalam tahap awal.
  4. Second stage financing, modal untuk membiayai perluasan produksi dan pemasaran, terutama untuk mendukung piutang ( account receivable ) dan persediaan barang ( inventory ). Perusahaan telah menunjukkan perkembangan yang baik tetapi belum memberikan keuntungan.
  5. Third stage financing, modal untuk perluasan usaha setelah melampaui break event point, misalnya untuk perluasan fasilitas produksi, perluasan pasar dan pengembangan produk.
  6. Bridge financing, modal tahap akhir sebelum perusahaan dijual kepada pihak lain atau restrukturisasi fianansial sebelum ditawarkan untuk pembiayaan lain ( go public ).
  7. Acquisition financing, penyediaan dana untuk membeli pemilikan suatu perusahaan oleh pihak diluar perusahaan.
  8. Management buy out, penyediaan dana untuk memungkinkan pembelian suatu perusahaan oleh pihak management.

 

 

 

 

 

B. Pihak-Pihak  Dalam Modal Ventura

 

1. Perusahaan modal ventura

 

Perusahaan modal ventura adalah perusahaan yang dapat bertindak sebagai investee management ataupun sebagai fund management dimana dalam memberikan bantuannya tersebut juga memberikan dampingan manajemen, baik penempatan ataupun pembianaan manajemen kepada perusahaan pasangan usaha, dana mana, baik berupa penyertaan modal ataupun dalam bentuk pinjaman dengan bagi hasil.

 

2. Perusahaan pasangan usaha

 

Merupakan perusahaan yang sudah menjadi badan hukum ataupun tidak, yang dapat berupa Perseroan Terbatas ( PT ), Koperasi, Perseroan Komanditer ( CV ), Firma, bahkan perusahaan perseorangan seperti usaha dagang. Namun, yang paling sering dibiayai dengan modalventuraadalah perusahaan dalam bentuk Perseroan Terbatas ( PT ), baik yang sudah ada ataupun yang dibentuk kemudian.

 

3. Penyandang dana

 

Adadua  sumber dana perusahaan modalventura yang diberikan kepada pasangan usaha, yakni :

    1. Model pendanaan yang berasal dari perusahaan modalventurasendiri, yakni yang biasanya diambil dari modal saham dan laba yang ditahan.
    2. Model pendanaan yang berasal dari penyandang dana pihak ketiga, yang dananya tidak disetor menjadi modal saham.

 

Jenis-jenis model pendanaan dari pihak ketiga dalam modal ventura, antara lain :

  1. Bank captive fund, sebagian dari dan bank disalurkan untuk kegiatan modal ventura terlebih dahulu membentuk perusahaan financial. Perusahaan financial dalam modal ventura merupakan anak perusahaan dari bank tersebut.
  2. Invesment institution captive funds, dana-dana yang dipakai oleh suatu perusahaan modal ventura berasal dari institusi investasi, seperti dari fund managers, dana asuransi, dana pension, stock brokerage firms, dsb.
  3. Independent fund, dana-dana berasal dari pihak swasta yang tidak berhubungan dengan bank atau institutional investor.
  4. Public sector funds, dana bersumber dari pemerintah, atau  dengan kata lain pemerintah membentuk perusahaan modalventura, yang dengan tujuan social dan kemanusiaan.
  5. International funds, dana berasal dari institusi internasional, misal PBB, ADB, dll.
  6. Dana dari sumber lain

 

4. Akuntan publik

 

Pada dasarnya akuntan publik tidaklah dimasukkan sebagai pihak-pihak yang terlibat dalam pembiayaan modal ventura, namun dalam kenyataannya pembiayaan modal venturasering kali melibatkan jasa akuntan publik guna mereview keadaan atau kondisi keuangan calon perusahaan pasangan usaha yang biasa juga disebut fiancial due diligence.

 

Komentar
  1. boligbutikker mengatakan:

    For latest information you have to visit the web and on web I found this site as a best website for hottest updates.

  2. Tangela mengatakan:

    I actually was looking for strategies for my blog and came across ur post, “MODAL
    VENTURA notarisarief”, do you mind if perhaps
    I really work with a bit of of your own tips? Many thanks -Lindsey

  3. Rustam Ali mengatakan:

    kami sangat tertarik dan butuh pendampingan lewat pembiayaan ventura, teknologi yang sedang kami kembangkan mini plant pabrik minyak Goreng putih ( cooking Oil ) yang setara dengan Virgin Oil, proses produksi di proses basah, Bukan kopra pada umumnya, dengan asumsi Penjualan, 2500 liter/ produksi, dalam sebulan 20 X produksi ( 20 X 2500 ]= 50.000 dengan harga Jual Logo pabrik Rp 9000 per Liter. HBM +MK X 1 Bulan =……[Asumsi Jual – Risiko 20% Asumsi Jual. BEP pengembalian Modal tiga Bulan. What is the name of our coconut oil ? The Best in the Worlldof colour Glasses Cooking Oil,Defferensial Performance Minyak Goreng Aqua. smutiara16@gmail.com

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s